MENGHITUNG PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBE DAN BLOG
![]() |
Menghitung Penghasilan Adsense Blog dan Youtube |
MENGHITUNG PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBE DAN BLOG - Adsense merupakan sebuah jaringan publisher iklan yang dimiliki oleh GOOGLE, siapun boleh saja bergabung dalam bisnisnya google ini. Untuk bergabungnya pun gratis tidak dipungut biaya, anda hanya perlu situs blog atau website, atau bisa juga dengan channel youtube untuk memulainya. Tapi memang itu semua kadang sangat sulit, anda pun harus mengikuti syarat dan ketentuan dari pihak google untuk mengikutinya.
Tapi jika anda memang bersungguh-sungguh dalam melakukan segala hal, dengan belajar sedikit demi sedikit semuanya pasti akan tercapai. Banyak yang sudah merasakan manfaat dari bisnis ini, ada yang berpenghasilan jutaan hingga ratusan juta rupiah dalam sebulan dari hasil ngeblog ataupun menjadi youtuber.
Lalu bagaimanakah perhitungan google adsense membayar kita. Nah, buat kamu juga para blogger ataupun youtuber yang belum tahu cara menghitug penghasilan adsense youtube dan blog simak ulasannya dibawah ini :
MENGHITUNG PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBE DAN BLOG
Di dalam akun AdSense nantinya anda akan menemukan istilah-istilah sebagai berikut:
#1. CPC (Cost per click)
#2. CTR ( Click Through rate)
#3. CPM (Cost per Mille)
#4. RPM (Revenue Per Thoushand Impression)
Dari Istilah-istilah diatas ada yang masih terbagi lagi menjadi 3 macam yaitu pada RPM atau (Revenue per thoushand Impression), yaitu:
#1. RPM Kueri
#2. RPM Laman
#3. RPM Permintaan Iklan
Setelah anda mengetahui istilah-istilahnya, sekarang kita akan bahas satu per satu dari pengertian istilah-istilah AdSense di atas:
#1. CPC (Cost per click) , Istilah ini juga populer dengan istilah BPK (Bayar Per Klik) jadi CPC / BPK adalah jumlah biaya per klik dari iklan yang tampil pada blog, untuk harga cpc iklan itu kita tidak bisa mengetahui secara pasti hanya pihak Google dengan advertise iklan yang tahu, dan harga cpc dari beberpa advertiser itu berbeda-beda juga ada yang berani membayar mahal, ada yang sedang-sedang saj dan ada juga yang lumayan rendah, tergantung traffik dari blog anda juga serta tertarget. semakin tinggi blog anda serta punya misi tertarget maka kemungkinan akan mempunyai kesempata untuk mendapatkan CPC/BPK tinggi pula. jika CPC atau BPK anda tertera misalnya seharga 0.05 sedangkan anda mendapat jumlah klik 10 kali, maka cara menghitungnya adalah 0.05 x 10 = 0.5 jika di rupiahkan, maka tergantung dari kurs atau harga rupiah saat ini misalnya harga rupiah adalah Rp. 13.000 maka tinggal mengalikannya saja 0.5 x 13000 = Rp. 6500
#2. CTR ( Click Through rate) , Istilah ini juga sering di sebut dengan RKT (Rasio klik tayang) kalau CTR/RKT ini adalah biaya yang kita peroleh dari jumlah klik iklan dan di bagi dengan jumlah tayang iklan itu sendiri, misalnya anda mendapatkan 10 klik iklan dan tayangan iklan anda mencapai 1000 tayang maka cara menghitungnya adalah 10 (klik) : 2000 (tayang) = 0.005 = 0.5%
#3. CPM (Cost per Mille) istilah CPM ini juga populer dengan BPS (Biaya per seribu) ada juga yang mengistilahkannya dengan PPS (Pendapatan Per seribu) bahasanya enak yang mana? yang penting kita paham dengan istilah ini, yaitu membagi dari hasil taksiran pendapatan yang kita peroleh dengan jumlah tayang iklan lalu di kalikan 1000. jadi pada perhitungan ini menggunakan rumus sebagai berikut:
PPS Iklan = (Taksiran penghasilan / Tayangan iklan) x 1000 = penghasilan Adsense tambahan anda, misalnya : jika taksiran penghasilan adsense kita sebesar $90 dari 27.000 tayangan iklan, maka PPS iklan = ($90 / 27.000) x 1000 = $3.3
#4. RPM (Revenue Per Thoushand Impression) , jika yang ini RPM adalah pendapatan dari AdSense yang di ambil dari impresi dari iklan 1000 kali tayang, biayapun yang ini juga berbeda-beda tergantung traffik blog dan wilayah anda juga, agar lebih jelasnya tentang RPM ini mungkin anda akan lebih paham jika dengan pembagian RPM di bawah ini:
1). RPM Kueri, yaitu Pendapatan Kueri dari per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi dari penghasilan yang tertaksir dengan jumlah kueri yang ada pada laporan, kueri bisa anda lihat pada google analytic, lalu dikalikan 1000. jadi rumusnya:
RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) x 1000
Misalnya : jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $50 dari 12.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($40 / 12000) x 1000 = $3.3
2). RPM Laman , yaitu Pendapatan dari tayangan laman per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagikan dari penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1000, jadi rumusnya adalah:
RPM Laman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan laman) x 1000 = penghasilan tambahan AdSense anda
Jika penghasilan tertaksir kita pada kisaran $0,10 dari 20 tampilan laman, maka BPS laman kita = ($0,10/20) x 1000 = $5
3). RPM Permintaan iklan, yaitu Pendapatan per seribu tayangan (PPS), pendapatan jenis ini atau RPM permintaan iklan dihitung dengan cara membagi taksiran penghasilan anda dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat kemudian dikalikan 1000. jadi rumusnya adalah:
PPS Permintaan iklan = (Taksiran penghasilan / Jumlah permintaan iklan) x 1000
Misalnya: jika kita memperoleh taksiran $50 dari 13000 permintaan iklan, Maka PPS permintaan iklan = ($50 / 13000) x 1000 = $3.8
Mungkin itu dulu artikel tentang MENGHITUNG PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBE DAN BLOG, nanti kita akan membahas artikel - artikel menarik lainnya.
Posting Komentar untuk "MENGHITUNG PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBE DAN BLOG"
Silahkan untuk yang ingin bertanya, atau memberi saran dan kritiknya. Bisa melalui menu komentar ini. Terima kasih
Posting Komentar